8/19/2014

Tagged Under:

BENTUK DAN JENIS SOAL CPNS 2014

By: afif yulma On: 2:47 AM
  • Bagikan
  • Pos-solo 19,Agts 2014
    cat cpnsonline Soal CPNS
    soal cpns
    BENTUK DAN JENIS SOAL CPNS 2014
    Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD)
    SOAL CPNS Tes Kompetensi Dasar adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang meliputi:
    A. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
    Soal CPNS TWK untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
    - Pancasila;
    - Undang Undang Dasar 1945;
    - Bhinneka Tunggal Ika;
    - Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
    CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran kisi-kisi resmi materi Soal CPNS dari Pemerintah untuk para peserta seleksi penerimaan CPNS 2014 yang berkaitan dengan Soal CPNS TKD katagori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang meliputi:
    - Soal dan Jawaban Soal CPNS Pancasila dan Bhinneka Tunggal Eka
    Dalam Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bidang Pancasila peserta seleksi CPNS 2014 akan diujikan berkaitan dengan pengetahuan dan pemahamannya berkaitan dengan Pancasila. Oleh karena itu, perlu pemahaman dan pembelajaran terkait pancasila.
    Soal dan Jawaban Soal CPNS Undang-Undang 1945
    Dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bidang Undang-Undang 1945 peserta seleksi CPNS akan diujikan berkaitan dengan Undang-undang 1945 dan amandemennya. Oleh karena itu, peserta ujian cpns harus mempersiapkan peraturan dan undang-undang baik Undang-Undang Dasar 1945, penjelasan UUD 1945, dan perubahan dan amandemen UUD 1945.
    - Soal dan Jawaban Soal CPNS Tata Negara Indonesia
    Berisi TKD Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berhubungan dengan bidang Tata Negara Indonesia. Dengan mempelajari bentuk dan soal-soal yang bertema tata negara Indonesia, peserta seleksi penerimaan cpns mampu menjawab soal cpns 2014.
    - Soal dan Jawaban Soal CPNS Kebijakan Pemerintah
    Dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD) katagori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) peserta seleksi CPNS juga akan diujikan berkaitan dengan tema kebijakan pemerintah indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah. Dengan memahami dan mempelajari bagaimana bentuk soal dan contoh soal kebijakan pemerintah pusat dan daerah diharapkan mampu menjawab soal cpns 2014 yang berhubungan dengan materi kebijakan pemerintah pusat dan daerah.
    - Soal dan Jawaban SOAL CPNS Sejarah Indonesia
    Berisikan Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS berkaitan dengan materi sejarah perjuangan Indonesia baik yang berkaitan dengan pengenalan sejarah nasional Indonesia, mulai kerajaan-kerajaan Indonesia, perjuangan sebelum kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan Indonesia, hingga perkembangan Indonesia hingga orde baru dan reformasi saat ini. Juga, beberapa contoh soal yang berkaitan dengan materi sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
    - Soal dan Jawaban Soal CPNS Pengetahuan Umum
    - Wawasan dan Pengetahuan umum beserta peranan Indonesia dalam dunia international juga akan diujikan bagi peserta seleksi CPNS dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD). Oleh karena itu, penguasaaan atas materi dan soal-soal yang berkaitan dengan pengetahuan Umum yang sering diujikan dalam seleksi tes CPNS perlu dipelajari sehingga akan membantu para peserta ujian seleksi cpns yang memiliki jurusan dan bidang studi yang berbeda dalam menjawab soal TKD CPNS yang berkaitan dengan wawasan dan pengetahuan umum..
    - Soal dan Jawaban Soal CPNS Bahasa Indonesia
    Berisi Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS berkaitan dengan materi ringkasan pelajaran Bahasa Indonesia, EYD, dan juga contoh-contoh soal CPNS yang bertema bahasa Indonesia. Ebook ini akan mengingatkan dan membantu pemahaman peserta cpns dalam bentuk soal Bahasa Indonesia, sehingga dapat lebih mudah dalam menjawab soal-soal yang diujikan dalam ujain seleksi CPNS 2014.
    B. Soal CPNS Tes Intelegensi Umum (TIU)
    Soal CPNS TIU untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.
    Soal CPNS Kemampuan Verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
    Soal CPNS Kemampuan Numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
    Soal CPNS Kemampuan Berpikir Logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
    Soal CPNS Kemampuan Berpikir Analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
    CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran bagaimana meningkatkan intelegensi para peserta ujiancpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis
    Soal CPNS Tes Intelegensi Umum (TIU) Soal dan Jawaban Analisa Verbal
    Soal CPNS Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan peserta seleksi CPNS dalam uji bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes
    -Soal CPNS Tes Sinonim (persamaan kata);
    Soal CPNS Tes Antonim (lawan kata):
    Soal CPNS Tes Padanan hubungan kata;
    Soal CPNS Tes Pengelompokan kata.
    * Soal CPNS Tes Intelegensi Umum (TIU)
    Soal dan Jawaban Analisa Numerik. Tes angka berfungsi mengukur kemampuan peserta seleksi penerimaanCPNS di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi:
    Soal CPNS Tes aritmetik (hitungan);
    Soal CPNS Tes Seri angka,
    Soal CPNS Tes Seri huruf;
    Soal CPNS Tes Logika Angka;
    Soal CPNS Tes Angka dalam cerita.
    * Soal CPNS Tes Intelegensi Umum (TIU) Soal CPNS Soal dan Jawaban Berpikir Logis dan Analitis
    Tes logika berfungsi mengukur kemampuan peserta seleksi penerimaan CPNS dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis dan analitis atau masuk akal sehingga diketahui tingkat kecepatan dan keakuratan peserta CPNS dalam menyelesaikan tugas-tugas Kepegawaian nanti. Tes ini meliputi:
    - Soal CPNS Tes Logika Umum;
    - Soal CPNS Tes Analisa Pernyataan;
    - Soal CPNS Tes Kesimpulan Silogisme;
    - Soal CPNS Tes logika Cerita;
    C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
    CPNSONLINE INDONESIA memberikan Kisi-Kisi Resmi Materi Soal CPNS dari Pemerintah untuk katagori Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang meliputi:
    - Soal CPNS Integritas diri;
    - Soal CPNS Semangat berprestasi;
    - Soal CPNS Kreativitas dan inovasi;
    - Soal CPNS Orientasi pada pelayanan;
    - Soal CPNS Orientasi kepada orang lain;
    - Soal CPNS Kemampuan beradaptasi;
    - Soal CPNS Kemampuan mengendalikan diri;
    - Soal CPNS Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
    - Soal CPNS Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
    - Soal CPNS Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
    - Soal CPNS Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
    B. Soal CPNS Tes Kompetensi Bidang (TKB)
    Berdasarkan Pedoman Resmi Pembuatan Materi Kisi-Kisi Soal-Soal CPNS yang ditetapkan pemerintah, bagi kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah yang mengadakan ujian TKB untuk formasi jabatan tertentu atau pekerjaan tertentu, maka bentuk ujian TKB bisa berbetuk ujian tertulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktek.
    CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran berdasarkan kisi-kisi resmi yang ditetapkan pemerintah tersebut untuk katagori tes praktek dan wawancara, yaitu:
    TES WAWANCARA CPNS
    Sebagian kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam proses seleksi penerimaan cpns terkadang mensyaratkan adanya Ujian wawancara bagi peserta yang telah dinyatakan lulus. Oleh karena itu, CPNSONLINE Indonesia memberikan pembelajaran bagaimana menghadapi tes wawancara tersebut agar hasil ujian seleksi cpns menjadi maksimal dan dengan hasil kelulusan tentunya..
    -Persiapan sebelum wawancara ;
    -Tentang Tes Wawancara;
    -Tip Menghadapi wawancara;
    -Tip Saat wawancara;
    -Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara CPNS;
    TES PRAKTEK CPNS
    Sebagian kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam proses seleksi penerimaan cpns terkadang mensyaratkan adanya tes praktek untuk formasi jabatan atau pekerjaan tertentu bagi peserta yang telah dinyatakan lulus.
    Oleh karena itu, CPNSONLINE Indonesia memberikan pembelajaran materi dan kisi-kisi apa saja yang akan diujikan dalam ujian praktek bagi peserta seleksi penerimaan CPNS 2014.- Tes Kesehatan;
    - Tes Kesamptaan;
    - Tes Kemampuan Mengajar (Pendidikan)
    - Dan lainnya….
    TES TKB TERTULIS
    CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran berdasarkan kisi-kisi resmi yang ditetapkan pemerintah tersebut untuk katagori tes ujian tertulis, yaitu:
    Soal CPNS TKB Agama Islam
    Soal CPNS TKB Agama Kristen
    Soal CPNS  TKB Luar Negeri
    - Soal CPNS TKB Ekonomi dan Perdagangan
    - Soal CPNS  TKB Lingkungan Hidup
    - Soal CPNS TKB Biologi
    - Soal CPNS TKB Hukum dan Perundangan
    - Soal CPNS  TKB Pembangunan & Kerakyatan
    - Soal CPNS TKB Teknologi Informasi
    - Soal CPNS TKB Tenaga Kerja & Industri
    - Soal CPNS TKB Tenaga Kependidikan
    - Soal CPNS TKB Olahraga
    - Soal CPNS TKB LIPI (Penelitian)
    - Soal CPNS TKB Tenaga kesehatan
    - Soal CPNS TKB Kelautan & Perikanan
    - Soal CPNS TKB Pertanian
    - Soal CPNS TKB Ekonomi Syariah
    - Soal CPNS TKB Keuangan
    - Soal CPNS TKB Administrasi Negara
    - Soal CPNS TKB Sosial Budaya dan Pariwisata
    - Soal CPNS TKB Peradilan Indonesia
    - Soal CPNS TKB  BPOM dan Farmasi
    - Soal CPNS TKB Administrasi Kearsipan
    - Soal CPNS TKB Perpustakaan
    - Soal CPNS TKB Akuntansi
    - Soal CPNS TKB Kehutanan
    - Soal CPNS TKB Statistik
    Soal CPNS TKB Pertanahan
    PAKET KHUSUS SOAL CPNS TENAGA HONORER
    Bagi Peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri (CPNS) Daerah baik pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. CPNSONLINE INDONESIA memberikan paket khusus soal-soal cpnsdaerah yang berstandar pada materi-materi kisi-kisi resmi, sehingga dengan persiapan yang tepat sasaran dan efektif akan mengantarkan Anda semua pada kelulusan dalam ujian penerimaan CPNS 2014.
    Paket khusus CPNS TENAGA HONORER ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki kesempatan mengikuti seleksi CPNS Daerah baik tuk pemerintah daerah provinsi maupun di pemerintah daerah kabupaten/ kota seluruh Indonesia.
    Tes Kompetensi Dasar (TKD)
    - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi soal cpns: Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika; UUD 1945; Tata Negara Indonesia; Kebijakan Pemerintah; Sejarah Indonesia; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Pengetahuan Umum.
    - Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi soal cpns tes kemampuan, analisa verbal; analisa numerik; berpikir logis dan analitis.
    - Tes Karakteriktik Pribadi (TKP) yang meliputi penilaian atas: integrasi diri; semangat berprestasi; berorientasi pada pelayanan; kemampuan beradaptasi; mengendalikan diri; bekerja mandiri dan tuntas; belajar berkelanjutan; bekerja sama dalam kelompok; kemampuan menggerakkan; mengkoordinir orang lain.
    - Tes Kompetensi Bidang (TKB) diperuntukkan bagi formasi tertentu atau pekerjaan tertentu yang meliputi: Tes Praktek; Tes Wawancara; Tes tertulis; Tes Psikotes lanjutan.
    PAKET KHUSUS SOAL CPNS PEMERINTAH DAERAH
    Bagi Peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri (CPNS) Daerah baik pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.
    CPNSONLINE INDONESIA memberikan paket khusus soal-soal cpns daerah yang berstandar pada materi-materi kisi-kisi resmi, sehingga dengan persiapan yang tepat sasaran dan efektif akan mengantarkan Anda semua pada kelulusan dalam ujian penerimaan CPNS 2014.
    Tes Kompetensi Dasar (TKD)
    - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi soal cpns: Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika; UUD 1945; Tata Negara Indonesia; Kebijakan Pemerintah; Sejarah Indonesia; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Pengetahuan Umum.
    - Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi soal cpns tes kemampuan analisa verbal; analisa numerik; berpikir logis dan analitis.
    - Tes Karakteriktik Pribadi (TKP) yang meliputi penilaian atas: integrasi diri; semangat berprestasi; berorientasi pada pelayanan; kemampuan beradaptasi; mengendalikan diri; bekerja mandiri dan tuntas; belajar berkelanjutan; bekerja sama dalam kelompok; kemampuan menggerakkan; mengkoordinir orang lain.
    - Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk formasi tertentu atau pekerjaan tertentu yang meliputi: – Tes Praktek; – Tes Wawancara; – Tes Tertulis; – Tes Psikotes CPNS lanjutan.
    Modul Diklat Prajabatan CPNS bagi yang telah dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS 2014 untuk mengikuti tahap ujian prajabatan CPNS (sebelum diangkat menjadi CPNS).
    Paket khusus CPNS DAERAH ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki kesempatan mengikuti seleksi CPNSDaerah baik tuk pemerintah daerah provinsi maupun di pemerintah daerah kabupaten/ kota seluruh Indonesia.
    Pemerintah Daerah Provinsi dan Kota/ Kabupaten:
    Soal CPNS Daerah Provinsi Aceh
    Soal CPNS Daerah Sumatera Utara
    Soal CPNS Daerah Sumatera Barat
    Soal CPNS Daerah Bengkulu
    Soal CPNS Daerah Riau
    Soal CPNS Daerah Kepulauan Riau
    Soal CPNS Daerah Jambi
    Soal CPNS Daerah Sumatera Selatan
    Soal CPNS Daerah Lampung
    Soal CPNS Daerah Bangka Belitung
    - Soal CPNS Daerah DKI Jakarta
    - Soal CPNS Daerah Jawa Barat
    - Soal CPNS Daerah Banten
    - Soal CPNS Daerah Jawa Tengah
    - Soal CPNS Daerah DI Yogyakarta
    - Soal CPNS Daerah Jawa Timur
    - Soal CPNS Daerah Kalimantan Barat
    - Soal CPNS Daerah Kalimantan Tengah
    - Soal CPNS Daerah Kalimantan Selatan
    - Soal CPNS Daerah Kalimantan Timur
    - Soal CPNS Daerah Bali
    - Soal CPNS Daerah Nusa Tenggara Barat
    - Soal CPNS Daerah Nusa Tenggara Timur
    - Soal CPNS Daerah Sulawesi Barat
    - Soal CPNS Daerah Sulawesi Utara
    - Soal CPNS Daerah Sulawesi Tengah
    - Soal CPNS Daerah Sulawesi Selatan
    - Soal CPNS Daerah Sulawesi Tenggara
    - Soal CPNS Daerah Gorontalo
    - Soal CPNS Daerah Maluku
    - Soal CPNS Daerah Maluku Utara
    - Soal CPNS Daerah Papua Barat
    - Soal CPNS Daerah Papua
    SELAIN KUMPULAN KISI-KISI SOAL CPNS 2014 TERSEBUT, JUGA DISEDIAKAN APLIKASI ONLINE DAN OFFLINE COMPUTER ASSISTED TEST (CAT)
    Pelaksaan tryout menggunakan Computer Assisted Test (CAT) CPNSONLINE INDONESIA yang merupakan aplikasi CAT terbaik di Indonesia saat ini yang bisa dilakukan baik secara OFFLINE dan ONLINE, serta dapat dijalankan menggunakan media apapun seperti iPad, Ipod, Android, handphone, laptop, komputer desktop dan lainnya tanpa harus menginstall adobe flash flayer.
    TRYOUT CPNSONLINE selain sebagai media pembelajaran UJI KEMAMPUAN sebelum Anda mengikuti seleksi ujian CPNS 2014, juga memberikan reward spektakuler bagi peserta terbaik berupa Laptop Asus X201E-KX162D, IPAD APPLE, Samsung Galaxy tab 2 7.0, BlackBerry Armstrong 9320, Tab Acer Iconia B1-A71, Voucher Pulsa, dan juga sertifikat penghargaan dari CPNSONLINE INDONESIA.
    TRYOUT CPNSONLINE INDONESIA:
    KOMPETISI TRYOUT ONLINE
    - Tryout dilakukan secara ONLINE;
    - Pelaksanaan berbatas waktu yang telah ditentukan;
    - Sistem penilaian dengan sistem skor dan passing grade;
    - Peserta yang lulus passing grade diberikan reward;
    - Peserta dapat mengetahui hasil skor setelah masa kompetisi berakhir.
    TRYOUT MANDIRI ONLINE
    - Tryout dilakukan secara ONLINE;
    - Waktu pelaksanaan setelah kompetisi online, tanpa dibatasi waktu (kapan saja);
    - Sistem penilaian dengan sistem skor dan passing grade;
    - Peserta dapat mengetahui hasil skor secara langsung setelah menjawab;
    - Peserta dapat mengetahui hasil skor secara langsung melalui email;.
    TRYOUT MANDIRI OFFLINE SOAL CPNS
    - Tryout dilakukan secara OFFLINE (tanpa jaringan internet);
    - Waktu pelaksanaan kapan saja, tanpa dibatasi waktu;
    - Sistem penilaian dengan sistem skor dan passing grade;
    - Peserta dapat mengetahui hasil skor secara langsung;.
    PEMBAHASAN JAWABAN TRYOUT SOAL CPNS:
    - Pembahasan secara langsung melalui diskusi forum khusus;
    - Waktu pelaksanaan ditentukan;
    - File pembahasan dalam bentuk pdf dan dapat diprintout.
    - Penjelasan jawaban dari tim ahli cpnsonline;
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan bentuk dan pola-pola soal CPNS yang sesuai dengan ketentuan resmi tersebut,
    silahkan dapatkan hanya di http://www.cpnsonline.com/
    SOAL CPNS 2014

    0 komentar:

    Post a Comment