8/23/2014

Tagged Under:

Cara Membedakan Madu Palsu Dan Madu yang Asli

By: afif yulma On: 10:08 PM
  • Bagikan
  • Madu Sangan baik untuk Tubuh,karena khasiatnya yang sangat banyak. Tapi Hanya madu asli yang berkhasiat kalau madu palsu malah bisa membahayakan tubuh, Nih Sobat Pos-Solo saya punya tips untuk membedakan yang asli dan yang palsu.
    Silahkan Disimak..

    1. Menggunakan Alat Polarimeter.
    Cara ini cukup akurat untuk menetes apakah madu tersebut asli atau palsu.

    2. Mencampurnya Dengan Kuning Telur
    Untuk mengetes madu tersebut asli apa tidak cara ini cukup efektif. Caranya campurkan 2 sendok makan madu dengan kuning telur terus kocok. Jika kuning telur menggumpal atau mengkristal dan terlihat matang maka kemungkinan besar madu tersebut asli. Hal ini bisa terjadi karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein, jika protein dan asam bertemu maka protein akan menggumpal.

    3. Meneteskan Madu Pada Koran
    Madu asli mempunyai kandungan air yang lebih rendah dari madu palsu, Jika madu tersebut asli maka madu tersebut tidak mudah di serap oleh kertas koran.

    4. Madu Asli Mempunyai Rasa Yang Lebih Asam
    Madu asli mempunyai tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 – 6,1. jadi selain rasa manis madu mempunyai rasa asam.

    5. Kocok Madu Dalam Botol 
    Jika madu itu asli ketika di kocok dalam botol madu tersebut akan mengeluarkan busa dan mendorong tutup botol seperti soda.

    6. Menggunakan Korek Api
    Cara ini sebenernya mempunyai analisis yang sama seperti meneteskan madu pada koran yaitu untuk mengetes kadar air dalam madu asli lebih sedikit dari madu palsu. Dengan mencelupkan pentol korek api ke cairan madu untuk beberapa saat. Jika setelah di celupkan dan korek tersebut kita gosokkan ke kotak korek masih menyala itu mengindikasikan kalau madu tersebut asli.

    7. Menggunakan Semut
    Madu asli tidak di kerubungi semut, Cara ini tidak sepenuhnya benar karena pada dasarnya semut akan mendatangi sesuatu yang manis, termasuk mansnya madu. Semakin kental madu maka akan semakin sulit semut untuk mendeteksi keberadaan madu tersebut.

    8. Memasukannya Ke Dalam Freezer
    Madu asli tidak akan membeku jika di masukkan ke dalam freezer. Cara ini juga tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa jenis madu yang akan membeku jika di masukkan Freezer contohnya madu kaliandra.

    0 komentar:

    Post a Comment