1/11/2015

Tagged Under: , ,

Die Cast,Mainan yang Mulai Dilirik Orang Dewasa

By: afif yulma On: 10:56 AM
  • Bagikan
  • Pos-Solo,-  Banyak orang beranggapan bahwa Die Cast adalah mainan mobil-mobilan kecil yang diproduksi oleh merk Hot Wheels, padahal hal tersebut keliru. Banyak perusahaan yang telah memproduksi Die Cast. Mulai dari Minichamps, AutoArt, Schuco, Faller, Ixo hingga Kyosho.
    Di era saat ini Die Cast tidak hanya dimainankan oleh anak kecil saja. Banyak orang dewasa juga yang mulai mengkoleksi Die Cast ini. Di kalangan orang dewasa, Die Cast hanya dijadikan bahan pajangan untuk melepas penat setelah bekerja ataupun sebagai objek foto.

    (Model Die Cast dengan ukuran skala 1/43)
    Die Cast metal adalah suatu model atau replika kendaraan yang dicetak menggunakan metode die casting, yaitu logam yang sudah dilelehkan, kemudian dicetak sesuai dengan model yang diinginkan. Logam yang digunakan dalam pembuatan Die Cast metal biasanya campuran antara zamac (campuran seng dan alumunium) dan juga plastik. Jika bodi Die Cast terbuat dari logam zamac, plastik disini berfungsi sebagai bahan pengganti metal di beberapa bagian, contohnya pada bemper, velg, hingga interior.

    (Hingga model Die Cast dengan ukuran skala 1/64)
    Mainan yang biasa menggunakan metode die casting adalah model-model yang menggunakan skala. Model yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari model mobil, motor, pesawat terbang maupun kereta api. 
    Skala yang ditawarkan oleh pabrik juga cukup beragam, mulai dari skala 1/87, 1/76, 1/72, 1/64, 1/50, 1/43, 1/24, hingga 1/18.
    Bahkan adapula yang mencapai skala 1/12 ataupun 1/10. Semakin besar skala yang ada, semakin kecil model yang Anda dapatkan, begitu juga kebalikannya. Semakin kecil skala yang ada, semakin besar model yang anda dapatkan.(ule)
    Apakah Anda tertarik untuk mengkoleksinya? 

    sumber :liputan6

    0 komentar:

    Post a Comment