9/26/2014

Tagged Under:

Tips : Cara menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

By: afif yulma On: 2:04 PM
  • Bagikan
  • Pos-Solo,-Daging kambing merupakan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Namun, masalahnya bagaimana menghilangkan bau prengus dan membuatnya empuk?

    Sebetulnya ada berbagai macam tips yang bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Berikut, seperti yang dipaparkan para Legenda Kuliner Nusantara dalam Acara Bango Berbagi Tips Masakan Idul Adha di Oasis Restaurant, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

    Gunakan potongan buah nanas
    Gunakan potongan buah nanas untuk menghilangkan bau prengus pada daging. Selain menghilangkan bau prengus, potongan nanas juga dipercaya bisa membuat daging empuk. Caranya, cuci daging kambing sampai bersih, potong-potong. Setelah itu, campurkan daging dan potongan buah nanas di dalam satu wadah. Remas-remas daging dan potongan buah nanas, kemudian diamkan.

    Tambahkan kecap manis dan garam saat merebus
    Selain bertujuan untuk menambah citarasa pada daging yang akan diolah, cara ini juga bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Jika hanya ingin menghilangkan bau prengus, daging cukup direbus selama setengah jam. Namun, jika Anda juga ingin melembutkan daging, perebusan bisa diperlama hingga satu jam.

    Tambahkan Rempah
    Menambahkan daun salam dan lengkuas juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada kambing.

    Catatan: bau prengus atau bau khas kambing biasanya datang dari jeroan. Karenanya, kita harus tahu cara mengolahnya. Jeroan harus dicuci hingga benar-benar bersih. Masukan jeroan dalam air bertemperatur normal. Setelah itu, rebus dengan api besar hingga muncul buih-buih ke permukaan. Angkat dan buang buih-buih tersebut. Sebagai informasi, buih-buih itu muncul ke permukaan karena merupakan sisa kotoran yang masih menempel pada jeroan. Inilah yang menyebabkan bau.
    sumber: metrotv

    0 komentar:

    Post a Comment