9/07/2014

Tagged Under:

Cara mencegah terkenanya Virus Ebola

By: afif yulma On: 9:20 PM
  • Bagikan
  • Penyakit yang disebabkan oleh virus ebola masih menghantui banyak orang di seluruh dunia. Pasalnya, penyakit ebola kembali mewabah yang tidak hanya menyerang orang-orang di daerah asalnya, yaitu beberapa negara di Benua Afrika. Penyakit ini diduga mulai menyebar ke benua lain seperti Eropa. Tidak menutup kemungkinan penduduk di Asia pun bisa terkena ebola.
    Virus ebola memang ganas saat menginfeksi. Penderita akan merasakan tubuh yang sangat tidak nyaman. Virus tersebut menimbulkan gejala demam, mual, pendarahan internal dan eksternal, dan banyak gejala lainnya. Kadang penderita mengalami gejala layaknya orang terkena penyakit tipus, malaria, atau desentri.
    Langkah pencegahan sangat perlu agar ebola tidak sampai menjangkiti. Dikutip laman Tempo dari Mayo Clinic, ada beberapa cara untuk menangkal penularan virus ebola:
    1. Hindari berpegian ke daerah yang diketahui sebagai tempat awal ditemukannya wabah ebola. Dimungkinkan virus tetap berkembang di daerah tersebut. Misalnya jika Anda ingin ke Afrika, cari tahu terlebih dahulu negara yang selama ini menjadi lokasi penyebaran penyakit ebola.
    2. Cuci tangan adalah salah satu langkah jitu untuk mencegah berbagai penyakit. Dari tangan yang kotor, banyak penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Cuci tangan memakai sabun atau cairan antiseptik dengan kandungan alkohol minimal 60 persen membantu mencegah penularan bakteri patogen dan virus.
    3. Jauhi mengonsumsi daging hewan liar terutama di wilayah yang menjadi epidemi ebola. Selain itu, hindari pula berdekatan dengan hewan iar yang masih hidup di tempat tersebut.
    4. Jika Anda bersama orang yang terinfeksi ebola, hindari kontak fisik dengannya. Virus dapat menular melalui darah, air mani, cairan vagina, hingga air liurnya. Penularan biasanya sangat cepat saat penderita sudah meninggal atau dalam kondisi parah.
    5. Pahami prosedur pengendalian infeksi ebola. Petugas kesehatan akan memandu untuk hal tersebut. Misalnya Anda akan disarankan untuk memakai sarung tangan, masker, hingga pelindung mata. Termasuk, Anda dituntut untuk paham cara menyeterilkan alat kesehatan hingga cara membuang jarum yang telah terpakai oleh penderita.
    6. Kalau ada penderita ebola yang meninggal, jangan asal untuk menangani. Pasalnya, virus masih bisa menyebar sekalipun penderita tidak bernyawa lagi. Biarkan tim khusus yang menguburkannya dengan prosedur tertentu
    Afif Yulma Putra,sumber : aktualpost

    0 komentar:

    Post a Comment