3/04/2015

Tagged Under:

Penyakit Jantung pada Anak Tak Selalu Muncul dengan Gejala Membiru

By: afif yulma On: 7:08 PM
  • Bagikan
  • Penyakit Jantung Pada Anak Tak Selalu Muncul Gejala BiruPos-Solo,- Jakarta Penyakit jantung bawaan lahir atau congenital heart disease memang paling sering dijumpai pada anak. Namun gejalanya ternyata tak selalu disertai munculnya warna biru pada tubuh anak.

    Seperti disampaikan oleh Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Hasril Hadis, SpJP(K), FIHA penyakit jantung anak ini biasanya sudah terjadi sejak kehamilan dan banyak macamnya, ada yang biru dan tidak biru.

    "Penyakit jantung bawaan pada anak ada yang biru dan tidak biru. Kalau biru, biasanya terlihat pada bibir dan tangan disertai sesak. Tapi ada kondisi lain yang tidak biru yang gejalanya tidak langsung terlihat," kata Hasril (4/3/2015).

    Penyakit jantung tidak biru ini, lanjut Hasril, baru bisa diketahui pada saat anak melakukan konsultasi ke dokter. Dan jenisnya bisa bermacam-macam, seperti Paten Ductus Arteriosus (PDA), Atrial Septal Defect (ASD) dan Vantrical Septal Defect (VSD).

    "Penyakit jantung pada anak bisa ketahuan pas dewasa atau setelah beberapa tahun baru muncul keluhan. Untuk mencegahnya, segera periksakan anak bila dia mengalami sesak serta penurunan berat badan," Jelasnya

    0 komentar:

    Post a Comment